Jumat, 28 Juni 2013

laporan indriana prihapsari 1201412008


LAPORAN KUNJUNGAN LAPANGAN dan KARYAWISATA PADA PULAU KARIMUNJAWA
MATA KULIAH ASSESMEN
Pengampu:

Disusun oleh:
Nama : Indriana Prihapsari
NIM : 1201412008

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PRODI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH 2012/2013
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi-Nya karena atas limpahan rahmat-Nya terselesaikan sudah penyusunan laporan kegiatan Penanaman Pohon dalam rangka Penilaian Mata Kuliah Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah menjelang UAS semester gasal yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 20 Juni 2013.

Pelaksanaan kegiatan kunjungan Lapangan dan Karyawisata ini melibatkan berbagai pihak antara lain mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah,dan dosen, serta pihak terkait disana . Dengan segenap kemampuannya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Demikianlah laporan ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

Semarang, 25 Juni 2013
Penyusun











DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I
Pendahuluan
Tujuan
Waktu daan tempat pelaksanaan
Bab II
Laporan
Bab III
Penutup
Lampiran







Bab I
Pendahuluan
Kebutuhan adalah sesuatu yang terjadi karena adanya kesnjangan atau gap antara apa yang diharapkandengan kenyataan, antara apa yang diharapkan dengan kenyataan, antara apa yang seharusnya ada dengan apa yang terjadi. Teori kebutuhan Maslow : kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan kasih sayang, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di luar diri warga belajar yang memungkinkan warga belajar untuk belajar yang dapat berupa pesan, orang, bahan alat teknik, dan lingkungan.
Kepulauan karimunjawa dikelilingi laut jawa yang terletak pada koordinat 5°40΄39” - 5°55’00” LS dan 110°05΄57” - 110°31΄15” BT. Pulau karimunjawa ini memiliki potensi yang sangat besar dalam wisata bahari, namun hal ini tidak sebanding dengan potensi manusianya . untuk itu perlu adanya sikap yang mendukung pendidikan disana agar warga disana mampu bersaing dengan warga yang berada di luar mereka.
Tujuan
Tujuan dilaksanakannya kunjungan lapangan dan karyawisata di pulau Karimun jawa diantarannya :
  1. Mengetahui perkembangan sumber daya manusia yang ada di pulau karimunjawa.
  2. Mengidentifikasi kebutuhan belajar yang ada di pulau karimunjawa.
  3. Mengetahui potensi yang tersimpan di pulau karimunjawa.
Waktu dan tempat pelaksanaan
Tanggal : 17-20 Juni 2013
Tempat : Pulau Karimunjawa


Peserta
Peserta yang mengikuti kegiatan kunjungan lapangan dan karyawisata ke pulau karimunjawa yaitu mahasiswa prodi pendidikan luar sekolah berjumlah 201, serta 10 dosen pendidikan luar sekolah.


















Bab II
Laporan kunjungan lapangan dan karyawisata
Kepulauan Karimunjawa dikelilingi oleh latu jawa yang terleta pada koordinat 5°40΄39” - 5°55’00” LS dan 110°05΄57” - 110°31΄15” BT. Berjarak 45 mil laut / 83 km dari Jepara. Wilayah karimun jawa meliputi : 7.120 Ha daratan dan 110.117 Ha perairan. Terdiri dari 27 pulau besar dan kecil serta 5 pulau yng berpenghuni. Karimunjawa adalah bagian dari wilayah Kabupaten Jepara, yang merupakan sebuah Kecamatan dan terdiri dari tiga desa yang terdiri dari 15 RW dan 54 RT, yaitu : Desa Karimunjawa, Desa Kemojan, Desa Parang, Desa Nyamuk. Jumlah penduduk yang berada di Pulau Karimunjawa yaitu 10.210 jiwa. Mata pencaharian penduduk yang berada disana diantarannya : petani, nelayan, pedagang, pengrajin, buruh, pns, polri, serta pensiunan. Data penduduk berdasarkan tingkat pendidikannya yaitu sebagai berikut :
  1. Belum sekolah : 512
  2. Tidak tamat SD : 5378
  3. Tamat SD : 3266
  4. Tamat SLP : 612
  5. Tamat SLA : 499
  6. Perguruan tinggi : 116
Di Karimunjawa terdapat 15 SD Negeri, 2 SMP Negeri, 1 MTs, 1 SMK Negeri, dan 1 Aliyah. Walaupun SD jumlahnya sudah banyak tetapi kenyataanya jumlah muridnya hanya sedikit, bahkan ada SD yang kadang-kadang tidak meluluskan muridnya karena memang kelas enamnya tidak terdapat murid. SMP dan SMK tiap tahunnya hanya menerima 2 rombongan belajar.
SD Negeri 1 Karimunjawa terletak di depan Alun-alun desa Karimunjawa. Gedungnya cukup memadai yang mana disetiap pagi sebelum KBM dimulai para sisiwa melaksanakan kebersihan terlebih dahulu, kegiatan ini dipantau oleh bapak/ibu guru setempat. SD N 1 Karimunjawa ini tidak mempunyai kantin sekolah, jadi kalau hendak jajan mereka keluar sekolah untuk membeli jajan. Hal ini bila dibandingkan dengan kota lain maka gedung ini perlu adanya renovasi sebab hal ini tentu membahayakan siswa apabila jajan di luar sekolah, selalin itu banyak sisiwa yang berlarian ke jalan untuk bermain-main.
Jumlah 15 SD, 2 SMP, 1 MTs, 1 SMK, 1 MA menurut saya sangat kurang memadai sebab dari 15 SD ke tingkatan pendidikan selanjutnya jumlah gedung semakin menyusut maka tidak heran bila banyak dari mereka yang putus sekolah, selain jumlah gedung yang kurang memadai ada hal lain yang menyebabkan buruknya pendidikan disana, yaitu :
  • Kualifikasi ijazah guru belum memenuhi standar.
  • Kurang memahami teknik menyusun rencana pembelajaran.
  • Kurang memahami karakteristik anak.
  • Kurang memahami teknik penilaian proses hasil belajar.
Selain pendidikan yang berbasis formal pemerintah disana juga menerapkan pendidikan yang berbasis non formal yang terdapat di Pualau Pasinaon. Tujuan dari pulau pasinaon yaitu menjadi pusat pembelajaran sesuai potensi dan keterampilan yang ada. Untuk mengembangkan sumberdaya manusia dibidang pariwisata terdapat program yaitu memberikan pelatihan selam kepada guide yang belum memiliki sertifikat A2 dan A3, dengan adanya program ini diharapkan keterampilan guide dalam menyelam semakin meningkat sesuai standar keselamatan yang telah ditentukan. Selain program pelatihan penyelaman disana juga ada program PKK untuk ibu-ibu, kegiatan dasawisma, memberikan keterampilan berupa kerajinan tangan seperti: penyablonan kaos, pembuatan gantungan kunci, usaha industry kerupuk, dll yang hasilnya bisa dilihat secara langsung di Pulau Karimunjawa.selain itu juga ada “ Bengkel mesin kapal” setiap ABK wajib tahu tentang bagian-bagian kapal agar jika suatu saat terjadi kendalam kapal ABK bisa memperbaiki sendiri. Namun tidak semua program ini berjalan dengan baik karena berjalannya program yang disediakan tergantung oleh minat masyarakat yang ada disana.



Bab III
Penutup
Demikian laporan kunjungan karyawisata yang saya susun. Semoga laporan yang saya susun ini bermanfaat. Saya menyadari bahwa masih banyak sekali kesalahan dalam menyusun laporan. Untuk itu saya mohon kritik dan saran agar saya bisa lebih baik lagi dalam menyusun laporan untuk kedepannya.







Lampiran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar