LAPORAN
ASESMEN KEBUTUHAN BELAJAR DI KARIMUNJAWA
Disusun
untuk memenuhi tugas
mata
kuliah Asesmen Kebutuhan Belajar
oleh
Ririn
Kurniawati
1201412012
PENDIDIKAN
LUAR SEKOLAH
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2013
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat-Nya lah, sehingga penyusunan laporan asesman kebutuhan belajar di Karimunjawa ini selesai dilakukan. Tujuan utama dalam pembuatan laporan asesman kebutuhan belajar di Karimunjawa ini untuk mengetahui berbagai macam-macam kebutuhan belajar disana. Agar kita mempunyai pengetahuan yang luas tentang kebutuhan belajar di Karimunjawa dan ikut membantu dalam memenuhi kebutuhan belajar di Karimunjawa, maka kita perlu mengetahui kebutuhan belajar yang terdapat di dalam masyarakat Karimunjawa.
Demikianlah laporan ini kami buat, kami sadar masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang terjadi tetapi kami tidak akan berhenti untuk berbuat, semoga kedepan bisa terlaksana kegiatan yang lebih bermanfaat lagi, masukan dan kritikan yang membangun sangat kami harapkan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat-Nya lah, sehingga penyusunan laporan asesman kebutuhan belajar di Karimunjawa ini selesai dilakukan. Tujuan utama dalam pembuatan laporan asesman kebutuhan belajar di Karimunjawa ini untuk mengetahui berbagai macam-macam kebutuhan belajar disana. Agar kita mempunyai pengetahuan yang luas tentang kebutuhan belajar di Karimunjawa dan ikut membantu dalam memenuhi kebutuhan belajar di Karimunjawa, maka kita perlu mengetahui kebutuhan belajar yang terdapat di dalam masyarakat Karimunjawa.
Demikianlah laporan ini kami buat, kami sadar masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang terjadi tetapi kami tidak akan berhenti untuk berbuat, semoga kedepan bisa terlaksana kegiatan yang lebih bermanfaat lagi, masukan dan kritikan yang membangun sangat kami harapkan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
A. Latar Belakang
Karimunjawa
merupakan pulau pasinaon yang sangat indah dan masih alami.
Karimunjawa adalah bagian dari wilayah kabupaten Jepara, yang
merupakan sebuah kecamatan dan terdiri dari empat desa yaitu desa
Karimunjawa, desa Kemojan, desa Parang, dan desa Nyamuk yang meliputi
15 RW dan 54 RT. Letak Geografis dan luas wilayah kecamatan
Karimunjawa yaitu, pada kepulauan Karimunjawa di kelilingi Laut Jawa
yang terletak pada koordinat 5040’39”-5055’00”
LS dan 110005’57”-110031’15”
BT. Berjarak 45 mil laut/83 km dari Jepara. Berjarak 60 mil laut/110
km dari Semarang. Wilayah Karimunjawa meliputi 7.120 Ha daratan,
110.117 Ha perairan, terdiri dari 27 pulau besar dan kecil, dan 5
pulau yang berpenghuni.
B.
Maksud dan Tujuan
Maksud
dan tujuannya untuk mengetahui kebutuhan belajar di Karimunjawa.
PEMBAHASAN
Taman
Nasional Karimunjawa
Taman
Nasional (UU No. 5
Tahun 1990)
- kawasan pelestarian alam (kpa) yang mempunyai ekosistem asli,
dikelola
dengan sistem zonasi, yang dimanfaatkan untuk tujuan
penelitian,
ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,
wisata
alam dan rekreasi
Fungsi
:
- Sebagai kawasan perlindungan sistem penyangga kehidupan
- Sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman jenis flora dan fauna
- Sebagai kawasan pemanfaatan secara lestari potensi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya
ZONASI
TN KARIMUNJAWA
Berdasarkan
Kep. Dirjen PHKA No.79/IV/Set-3/2005 tanggal 30 Juni 2005, Taman
Nasional Karimunjawa dibagi menjadi 6 zona :
- Zona Inti
- Zona Perlindungan
- Zona Pemanfaatan Pariwisata
- Zona Pemukiman
- Zona Rehabilitasi
- Zona Budidaya
- Zona Pemanfaatan Perikanan Tradisional
1.HUTAN
HUJAN TROPIS DATARAN RENDAH
Flora
: 124 spesies dan 5 genus diantaranya : Sentul, Ande-ande, Berasan,
Gondorio dll (LIPI, 2003)
Fauna : Mamalia darat (rusa jawa, monyet ekor
panjang, landak, kelelawar), 16 jenis reptilia dan 2 jenis amphibia,
23 jenis dari 8 famili kupu-kupu
2.HUTAN
MANGROVE
Hutan
Mangrove tersebar hampir diseluruh pulau di Kep. Karimunjawa, dengan
lusan yang berbeda, luas hutan yang ada di kawasan taman nasional (P.
Kemujan dan Karimunjawa). Jenis mangrove yang ada di
Karimunjawa sebagian besar termasuk kelas mangrove sejati sebanyak
39 spesies dari 25 famili. (BTNKJ, 2002)
3.TERUMBU
KARANG
Luas
Terumbu Karang ±7.487,55 Ha.
62 genera
dari 15 famili karang keras berkapur(scleractinian)
dan 3 genera non-scleractinian
(Millepora, Heliopora
dan Tubipora).
Rata-rata persentase penutupan karang keras di Kep. Karimunjawa
sebesar 40%. Total spesies ikan karang yang ditemukan di seluruh
perairan Karimunjawa adalah 342 species.
4.
EKOSISTEM PADANG LAMUN
Sulistyo
(1999): 9 spesies lamun di Darmaga Baru, Pancuran dan Legon Lele
Sugiarianto
(2000): 8 spesies lamun di Pancuran, Legon Lele dan Ujung Gelam
WCS
(2003): 6 spesies di Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Alang-Alang
dan Legon Nipah
5.
EKOSITEM HUTAN PANTAI
Vegetasi pantai dicirikan oleh
adanya Ketapang, Cemara laut, Kelapa, Jati pasir, Setigi dan Waru
laut
Daya
Tampung Layanan PAUD di Karimunjawa
No
|
Lokasi/Pulau
|
TK/RA
|
Paud
Nonformal
|
|||||
0-2
Th
|
2-4
Th
|
4-6
Th
|
||||||
1
|
Karimunjawa
|
60
|
-
|
40
|
-
|
|||
2
|
Kemujan
|
25
|
-
|
20
|
20
|
|||
3
|
Parang
|
25
|
-
|
-
|
-
|
|||
4
|
Nyamuk
|
25
|
-
|
-
|
-
|
|||
5
|
Genting
|
0
|
-
|
-
|
-
|
|||
Jumlah
|
135
|
0
|
60
|
20
|
||||
No
|
Lokasi/Pulau
|
Kelompok
Usia/Tahun
|
Keterangan
|
|||||
0-2
|
2-4
|
4-6
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Karimunjawa
|
95
|
84
|
56
|
235
|
|
||
2
|
Kemujan
|
76
|
66
|
45
|
187
|
|||
3
|
Parang
|
48
|
42
|
28
|
118
|
|||
4
|
Nyamuk
|
29
|
26
|
17
|
72
|
|||
5
|
Genting
|
19
|
17
|
11
|
47
|
|||
Jumlah
|
267
|
235
|
157
|
659
|
Data
Anak Usia Dini di Karimunjawa
Banyaknya
Peserta Didik PAUD Formal dan Nonformal
No
|
Lokasi/Pulau
|
TK/RA
|
Paud
Nonformal
|
|||||
0-2
Th
|
2-4
Th
|
4-6
Th
|
||||||
1
|
Karimunjawa
|
56
|
-
|
42
|
-
|
|||
2
|
Kemujan+Lg.
Lele
|
25
|
-
|
20
|
20
|
|||
3
|
Parang
|
28
|
-
|
-
|
-
|
|||
4
|
Nyamuk
|
17
|
-
|
-
|
-
|
|||
5
|
Genting
|
0
|
-
|
-
|
-
|
|||
Jumlah
|
168
|
0
|
62
|
20
|
Nilai
Daya Tampung Layanan PAUD di Karimunjawa
No
|
Kelompok
AUD
|
Jumlah
AUD
|
Jumlah
DT
|
Prosen-tase
|
1.
|
0-2
Tahun
|
267
|
0
|
0
|
2.
|
2-4
Tahun
|
235
|
60
|
25,53
%
|
3.
|
4-6
Tahun
|
157
|
105
|
66,
88 %
|
Banyaknya
Pendidik PAUD dan Kualifikasi Ijazah 2011
No
|
Status
Pendidik
|
Jumlah
Orang
|
Ijazah
Terakhir
|
Sertifikat
|
|||||||
S1
|
DII
|
SMA
|
|
||||||||
1.
|
Guru
|
2
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|||||
2.
|
Guru
Pendamping
|
2
|
-
|
1
|
1
|
-
|
|||||
3.
|
Pengasuh
|
2
|
-
|
-
|
2
|
-
|
|||||
4.
|
Calon
Pendidik
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||||
Jumlah
|
6
|
1
|
2
|
3
|
-
|
PERMASALAHAN
DALAM PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN
- Kualifikasi ijazah guru belum memenuhi standar.
- Semua guru PAUD nonformal belum memiliki sertifikat kompetensi.
- Kurang memahami teknik menyusun rencana pembelajaran.
- Kurang memahami karakteristik anak.
- Kurang memahami teknik penilaian proses hasil belajar.
- Banyaknya alat permainan belum sesuai dengan jumlah anak.
Permasalahan
dalam merintis penyelenggaraan Program PAUD baru jalur pendidikan
nonformal
- Anak usia dini terfokus pada area tertentu.
- Pada area tertentu tingkatan usia anak sangat bervariasi sehingga menyulitkan pengelompokan dalam membentuk kegiatan layanan.
- Di Kampung Legong Boyo dan Alang-alang serata beberapa tempat lainnya terdapat anak usia dini yang cukup untuk membentuk kelompok kegiatan layanan baru tetapi letaknya sangat terpencil dan tidak didukung oleh ketersediaan tenaga pendidik yang memadai.
- Keterbatasan daya tampung layanan kegiatan PAUD yang sudah ada belum memungkinkan untuk membuka layanan baru karena tidak didukung oleh sarana prasarana yang mencukupi.
- PAUD belum populer di kalangan masyarakat khususnya di Pulau Genting.
- Pada dasarnya masyarakat Pulau Genting setuju jika dibuka program PAUD baru namun kendala utama yang dihadapi adalah kekurangfahaman prosedur perintisan dan minimnya sosialisasi program PAUD nonformal.
- Fakta lain menunjukkan bahwa hanya 8% dari responden di Pulau Genting yang mengetahui prosedur penyelenggaraan PAUD.
KOMUNIKASI
Komunikasi
yang dapat digunakan disana yaitu: TELKOM,
RELAY PEMANCAR TELKOMSEL,
RELAY PEMANCAR INDOSAT,
RELAY PEMANCAR PRO XL,
KANTOR POS, WIFI
FASILITAS
OLAHRAGA
Fasilitas
olahraga yang ada disana yaitu: LAPANGAN
TENIS, LAPANGAN
BADMINTON, TENIS
MEJA, LAPANGAN
SEPAKBOLA, LAPANGAN
VOLY
PENUTUP
A. Kesimpulan
A. Kesimpulan
Pembelajaran
disana sangat kurang memadai, dan disana juga masih banyak
membutuhkan guru, karena pada riwayat
pekerjaan mereka tahun 1994 – 1996 Guru SDN 1 Parang, tahun
1996 – 2009 Guru SDN 1
Karimunjawa, tahun 2004 – 2007 Merangkap mengajar di SMKN 1
Karimunjawa, tahun 2009 –
2013 Penilik PNF. Peran di masyarakat yaitu Wakil
Ketua Fossimka, BPUPK di PNPM MPd, Ketua PGRI Kecamatan.
Permasalahan
dalam
peningkatan
kualitas
proses pembelajaran
yaitu: kualifikasi
ijazah guru belum memenuhi standar,
semua
guru PAUD nonformal belum memiliki sertifikat kompetensi,
kurang
memahami teknik menyusun rencana pembelajaran,
kurang
memahami karakteristik anak,
kurang
memahami teknik penilaian proses hasil belajar,
banyaknya
alat permainan belum sesuai dengan jumlah anak.
B.
Saran
Sebaiknya
dalam meningkatkan kebutuhan belajar di Karimunjawa, adanya
sukarelawan pergi kesana untuk membantu dalam pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar